Terbaru

latest

Inilah 4 Kelebihan Islamic Book Fair 2017

Tema yang diusung pada tahun ini adalah “Membangun Peradaban Melalui Literasi Islam.” Dibanding tahun-tahun sebelumnya, IBF pada tahun ini mempunyai beberapa kelebihan.

Jumat, 05 Mei 2017

/ by Abu Syafiq
Sejumlah siswi melihat-lihat buku sebelum membeli (antara)

Pameran Buku Islam atau Islamic Book Fair (IBF) pada setiap tahunnya menghadirkan tema-tema yang berbeda. Tahun 2017 ini IBF yang dilaksanakan oleh Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) Jakarta merupakan tahun ke-16.

Tema yang diusung pada tahun ini adalah “Membangun Peradaban Melalui Literasi Islam.” Dibanding tahun-tahun sebelumnya, IBF pada tahun ini mempunyai beberapa kelebihan. Berikut kami rangkum 4 kelebihan IBF 2017:

1. Lebih singkat

Biasanya, pelaksanaan IBF selama ini, dari tahun pertama hingga tahun ke-15, pameran dilaksanakan selama 10 hari di akhir bulan Februari atau awal Maret. Namun, pada tahun 2017 pelaksanaannya lebih singkat, yaitu hanya 5 hari dari hari Rabu 3 Mei hingga hari Ahad 7 Mei 2017 yang bertepatan dengan 6-10 Sya’ban 1438 H.

2. Lebih mahal

IBF tahun ini lebih mahal bagi pengunjung. Apakah benar-benar mahal? Tentu tidak. Dibilang lebih mahal jika dibanding tahun-tahun sebelumnya. Soalnya, tahun ini pengunjung yang datang harus membeli tiket Rp5000 bagi setiap orang sedangkan pada tahun-tahun sebelumnya gratis alias tidak berbayar.

3. Lebih eksklusif

Selama ini, IBF dilaksanakan di Istora Senayan Jakarta. Siapa saja bisa berlalu lalang di area tersebut. Namun untuk tahun ini, IKAPI DKI Jakarta menetapkan Balai Sidang Jakarta atau yang lebih dikenal dengan Jakarta Convention Center (JCC) sebagai tempat pelaksanaan IBF.

Sehingga, hanya pengunjung yang mempuyai tiket yang boleh masuk ke arena IBF.

Meskipun dibebankan tiket sebesar Rp5000 dan terkesan ekslusif, pengunjung IBF tahun 2017 ini tetap membeludak dan ramai.

4. Lebih bersih dan rapi

Karena pelaksanaan IBF berada di JCC, maka kebersihan pun sangat terjaga. Hampir di setiap sudut terlihat sejumlah plastik besar untuk tempat sampah. Di samping itu, di toilet pun, beberapa orang petugas kebersihan sudah siaga untuk melaksanakan tugasnya.

Pameran Buku Islam atau Islamic Book Fair (IBF) ini merupakan ajang promosi bagi penerbit-penerbit Islam yang ada di Indonesia. Diskon yang ditawarkan pun besar, dari 30% hingga 70%.

Di samping pameran buku, di IBF ini pun ada stan-stan untuk menjual pakaian muslim dan aksesoris lainnya. Di samping itu, ada seminar, tabligh akbar, Talk Show dan berbagai lomba.

[Abu Syafiq/BersamaDakwah]

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Don't Miss
© Bersamadakwah.net - BedaMedia Grup