Lima Hal yang Tidak Anda Ketahui Tentang Khabib

- Oktober 08, 2018

Nama Khabib Nurmagomedov begitu fenomenal.
Ia menang menghadapi Conor McGregor di UFC 299 pada hari Sabtu kemarin.

Ada lima fakta menarik tentang petarung asal Rusia berusia 30 tahun itu:

1. Berlatih dengan Beruang

Menurut ayahnya, Abdulmanap, ia  berkembang baik di antara murid-murid sekolah gulatnya dan sebagai hadiah ulang tahun ia harus menghadapi anak beruang yang dirantai.

"Seorang anak yang selalu ingin menunjukkan kepada ayahnya apa yang mampu dilakukannya. Perjuangan melawan beruang lebih merupakan ujian karakter daripada latihan, "kata Abdul Manap.

2. Berteman dengan Cristiano Ronaldo

Pejuang UFC ini menyaksikan pertandingan antara Real Madrid dan Real Sociedad musim lalu dan memiliki kesempatan untuk bertemu Cristiano Ronaldo, yang mencetak hattrick. Nurmagomedov menerima kaos dengan namanya dicetak dan nomor punggung 7 Ronaldo dan dia memberi pesepakbola itu wig terkenal yang yang sering ia pakai saat merayakan kemenangannya.

Pada 2017, ia mengungkapkan percakapannya dengan superstar itu. "Aku memberitahunya bahwa aku tidak akan bertarung sampai musim gugur, mungkin di UFC 205 pada bulan November. Dia menulis, 'Aku berusaha tidak akan ketinggalan pertarunganmu' dan aku menjawab, 'Bisa nggak kamu berada di sampingku?' dan dia mengatakan bahwa jika dia tidak sibuk dengan pertandingan, dia akan datang untuk pertarunganku."

3. Anak mantan militer Uni Soviet

Ayahnya menggunakan lantai dasar rumahnya sebagai gimnasium untuk melatih para pemuda setempat, yang memiliki potensi bergabung dengan tim gulat nasional. Namun, alasan utama pelatihan ini jauh lebih manusiawi, karena dia ingin membantu mereka keluar dari terorisme, yang merupakan masalah besar di Republik Dagestan pada saat itu.
Setelah mulai berkompetisi judo, ia menjadi juara dunia ganda di Sambo; seni bela diri yang dirancang untuk pertahanan diri oleh tentara Soviet. 

"Saya percaya setiap orang harus siap untuk perang bahkan di masa damai karena itu selalu menjadi topik diskusi di Kaukasus," katanya.

4. Tetap fokus meski pernah cedera parah

Luka cedera yang dialaminya telah memotong sayap elang Rusia ini lebih dari sekali selama karirnya. Dengan catatan yang mengejutkan di balik itu, ia bisa dianggap sebagai salah satu yang terbaik dalam sejarah meski cederanya telah menghantuinya selama bertahun-tahun.

Petarung Rusia ini rehat beberapa hari sebelum pertarungan melawan McGregor. Ia sempat khawatir hal yang serupa mungkin terjadi pada 6 Oktober ini. Tapi semua tidak terbukti.

5. Diancam Oleh ISIS

Dengan ribuan pengikut di jejaring sosialnya, semua pertandingannya sangat ditunggu-tunggu oleh followers nya dari berbagai negara.

Atlet bela diri ini harus berjuang melawan rasisme etnis dari beberapa daerah di Rusia dan bahkan diancam oleh ISIS.

Khabib, seorang Muslim yang taat, selalu dikritik karena bertempur di ring. Pada tahun 2015, ISIS bahkan menerbitkan sebuah video, di mana mereka mengkritik orang-orang seperti Khabib yang memperjuangkan uang di gelanggang olahraga, bukan memperjuangkan Islam.

 
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search