Singgung 212, Ust Farhan Abu Furaihan: Apakah Nabi Buat Reuni Perang Uhud Atau Badar?

- Desember 04, 2018
Ustaz Farhan Abu Furaihan
Tidak semua kalangan muslim setuju dan menyukai aksi Reuni 212 yang berlangsung Ahad kemarin di Monas, Jakarta. Salah satu yang tak sepakat adalah penceramah Ustaz Farhan Abu Furaihan.

"Saya ingin bertanya saja, semua orang berilmu insya Allah tidak perlu membahas ini. Karena orang yang berakal sehat bisa menilai. Menilai dengan nilai agama atau dengan nilai poltik," kata dia pada sebuah kajian beberapa waktu lalu.

Ia mempertanyakan urgensi Reuni 212 dan tidak dicontohkan di zaman Rasululallah SAW.

"Sekarang saya bertanya bukankah Rasulullah SAW telah diberikan kemenangan beberapa jihad. Apakah nabi pernah membuat reuni perang Uhud?Hah? Reuni perang Badar?" kata dia.

Ustaz menjelaskan soal perang 300 lawan 1000 orang. Sebanyak 300 orang tanpa senjata lengkap melawan 1000 orang dengan senjata lengkap. Rata-rata dari kaum muslim yang ikut perang adalah ahli perangnya. Panglima-panglima mereka semua turun. Allah berikan kemenangan kepada Nabi.

"Apakah Nabi buat reuni? Hah? Adakah reuni Uhud? Reuni Badar? Reuni perang Hunain?" kata dia lagi menegaskan.

Baca juga: Kenapa Nussa Berkaki Palsu?


Advertisement

78 komentar

avatar

ya atuh disamakan dengan perang... mana ada perang dibuat reoni.. jangankan nabi.. indonesia juga kaga buat gitu gituan.. namanya reoni adalah moment mengingat kembali yang indah dan berkesan...

kalau perang itu kesedihan dan kepedihan.. banyak yang gugur diantaranya menjadi syuhada. apakah perlu kita mengingat kembali hal yang pahit hidup dan mati.. saya rasa tak perlu ... logika tolong digunakan.

avatar

Apakah dulu ada Reunu SMA...?
Coba cerdas dikit tadz...!!!!

avatar

peu kapugah farhan.....farhan ----farhan kabeut bak kulet kitab thatjai peu kaprak

avatar

Apakah anda lapar tadz??

avatar

Adsense jalan.. Masalah makian orang lu kagak peduli.. Sekali klik 1 dolar masuk kantong.. Y pentg dolar..

avatar

Bukan ustadz sungguhan farhan

avatar

Maulid nabi ,..kenapa harus di peringati apakah nabi pernah menyuruh memperingati kelahirannya ayooo,yang diperingati reuni 212 , adalah semangat bela islam ,semangat kecintaan pada islam, begitu juga maulid nabi yang di bawa adalah semangat kecintaan pada nabi, masing masing punya ijtihad .

avatar

Tolong penguasa kasih orang ini makanan atau mungkin jabatan,.. ��

avatar

Parhan bangai kan mulut closet. Bau sangat.

avatar

Parhan bangai kan mulut closet. Bau sangat.

avatar

Kalo ada "reuni untuk perang", mau liat berapa nyawa "lagi" yang harus melayang??

Perang jangan sampai terulang.
Namun kesempatan ber-Jihad, akan selalu di nantikan. Ya kan?? Tadz.

avatar

Ustadz karbitan nih..ilmunya cetek!!

avatar

Tu org di aceh dikejar tu . Lari tunggang langgang

avatar

Ini ustat pasti salah minum obat aahaaaah. Jg sok tau peak

avatar

Ini siapa?? Sekolah apaan? Masa perang mau reuni?? Logika apa yg dipake?? Zaman Nabi gak Ada reuni?? Zaman Nabi jg gak dakwah lewat medsos..

avatar

kajaak leet bui leeh farhan abu fukaiwaan. kah yg pah udep bak masa jahiliyah.

avatar

Ada kah penistaan Islam di jaman Nabi yg dibiarkan begitu saja ?
Reuni hanya salah satu cara yg elegan yg dilaksanan umat Islam saat ini.
Orang pintar jg tidak akan berpikir msepicik anda....

avatar

Emang yang mau perang siapa? Ada ada aja statement kayak gini...

avatar

Maksudnya reuni sama mayat? Ya gak ada emang

avatar

Anda ustadz tapi berbicara seperti orang yang tidak pernah sekolah, perumpamaan yg anda buat itu gak nyambung.

avatar

Kenapa mesti reuni?apakah hanya untuk memuaskan hawa napsu,memang kalian berbahagia,tapi bagaimana dg orang yg kalian jatuhkan dg demo 212,bagaimana perasaan Ahok dan pendukungnya,apakah tdk menimbulkan antipati dan sakit hati,itukah yg kalian harapkan???

avatar

ini ustad sbnrnya sudah pernah diusir dr aceh krn ceramah2 yg sesat lg menyesatkan.skrg di muncul di sosmed buat statmen yg menyesatkan.ini org ahli bida'ah.

avatar

Apakah muka si ustadz itu ada jaman Nabi? Bid'ah tu muka

SALAhFIkir

avatar

Lha kok malah nantang perang !!!

avatar

ustat puko lumo yan...
kacok kajok keu umpeun ye keudeh...

avatar

padahal dari ujung rambut sampe ujung kakinya bid'ah semua. haaha

avatar

Ustad yang sangat cerdas,,,,,luarbiasa
Ustad ini
Semua yang kita kerjakan bila tidak ada pada Nabi,,,itu bid 'ah. Termasuk ustad sikat gigi pake pepsodent,,,Nabi gak pernah sikat gigi dengan pepsodent berarti ustad dah lakukan yang tidak dilakukan oleh Nabi,,,,ustad cerdas sekali,,,hehehe

avatar

apakah Nabi pernah manjat kelapa. apakah Nabi mempunyai sepeda motor dan hp..?? ajaran kau farhan sesat dan menyesatkan.

avatar

Hy parhan aneuk bajeung kajak papma keuh keudeh leeh.. Sapu tan katupu.. Kajak puroh2 dro keuno... Barosa ban kahafai hadis.. Muka kaprak aju.. Sigo teuk kajak papma keuh..aneuk bajeung paleh

avatar

Gk nyambung kau farhan ,reuni itu jgn disamakan dgn perang ,logika dong

avatar

Ituuu si farhan anjing bukak goblok bin tolol.
Halal darah dia bagi gw.jgn ngaku orang aceh lu.
Malu2in aceh aja lu...
Bangsat lu

avatar

Maaf, ada aquaaaa ?
Ada Ades,Total apa Gunung Mas...!

avatar

Ini ustad atau cuma ngaku ustad yah.... Kenapa sih yg mendatangkan kebaikan dibilang Bidah.. tapi, apakah jaman Nabi ada pembiaran Hukum tak ditegakkan....??? Hah.??? Ada gak ??? Itu yg ente harus bilang Bidah.. hukum kok dibuat main2...

avatar

Kami melakukan reuni ini karena kami memiliki girah ustadz, ternyata umat Islam di Indonesia sangat kuat ukuwah nya, dan tidak mungkin muncul 212 kalau rezim sekarang adil dalam hukum, faham ya ustadz!!

avatar

Sayang sekali seorang Istadz pemikirannya sedangkal itu.

avatar

Ngerti kagak.. malah nyinyir, ngaku ustadz pula.. .Hadeeuh.. mau kaya artis biar digosipin jd dapat job di tv gethuuu.. .

avatar

Yang penting, bagi yang punya logika yg lebih waras, jangan mau di tipu sama si farhan alias fir'un,,,
Pengikut dia berarti lebih bodoh dari dia, ntar juga dia bakalan ngomong adzan gk usah pake mikrofon, karna jaman nabi gk ada itu,,
#gadungan
Capek capek hafal hadis, hafal qur'an, hanya untuk menyesatkan,
Iblis

avatar

Farhan..farhan... Mau buat sensasi apa lg bro? Kayaknya terobsesi jd artis ni orang... Makajih malam ka eih...

avatar

Ini ustad abal abal..gak laku di aceh..

avatar

pingin populer ini ustadz spt ustaz Somad to ilmu kurang ,jd coba menantang arus

avatar

ooo ternyata media cebong

avatar

Hancur Islam Klw guru kita seperti si Farhan semua.bisa nya mengkritik sesama.doa kan lah semoga kita kaum muslimin sll mejaga ukhuah.anda GK mau ikut reoni 212 Diam. Jangan banyak komentar. Jngn2 ni ustad kwaric bisanya mengkritik kerjaan nya.semakin di rong2 Islam.ini ustad mushaj. Bisa nya mencari kesalahan. Merasa paling bener. Dari dulu udah ada orang macam ini. Dikit2 main bid'ah kelompok orang ini.

avatar

Farhan Ustad Palsu/wahabi..Semua ulama Aswaja di Aceh dibilang sesat sama dia..

avatar

Bijeh pemale ureng aceh. Yang pah ta bhom bek tinggai meu bijrh nyan ureng. Male ureung ureng aceh laen. Tanoh syuhada sudah di nodai oleh si farhab

avatar


Gw suka kajian2 Sunnah, dalil2nya jelas.
Cuman kalo sampai pemikiran seperti ☝bener2 heran deh : "nyunnah-nya KELEWATAN" cepek deehhh....
Kenapa gak naik onta aja sekalian

avatar

eehhh ustad... ente ngomong same berak same aje... trus kalo ente ceramah pake kopiah, pake baju koko, pake mickropon... apa itu di ajarin atau dipake pada jaman nabi??... gak kan?? kenape ente pake itu semuaaaaaaaaa........guoblooookk dipelihare.... itu tujuannye buat ukuwah islamiah...bahwa islam masih kuat dan bersatu...karena umat saat ini lagi sering diadu domba...makanye ditunjukin di 212... biar nyeng ngadu domba pd kejang2... ngarti kagak???

avatar

That brat kah ka farhan,mulai dati akai keuh meubajeung makeuh heuh.
That raya IBLIS sajan keuh,kalagee akai abu lahab keudeeh pola pikir kah.
Biwat yg baca komentar dari luar aceh saya informasikan bhw sanya si farhan itu adalah seorang wahabienganut ajaran yg menyesatkan serta sudah menjadi daftar MERAH melalui ulama2 di Aceh krn pendapatnya sdh melenceng dari ajaran ALQUR'AN.
Jd dimanapun keberadaan dia berceramah,mohon di infokan ke saya jikalau si IBLIS farhan berbicara.
Halal darahnya jikalau di pancung krn sdh menjadi pemecah belah umat serta sah jikalAu di bunuh.

avatar

G mau pusingin omongan nyeleneh orang ginian ibadah gw bukan buat lu. .

Amal gw g perlu gw pamerin ke lu.. Urusan lu bertanya begituan jawab sendiri?

avatar

apakah jaman Rasul ada yang pakai kacamata seperti yg anda pakai Pak Farhan ?
hahhahaa

avatar

Suka2 org ajalah
Mau reuni apa enggak.
Emang ada yg dirugikan???
Lagian siapa yang perang.gk penting bgt ulasannya.

avatar

kasih air mineral. kurang minum dia...

avatar

Jadikan reuni 212 sebagai momentum untuk memperkuat persatuan umat islam di indonesia dan silaturrahmi sesama muslim seluruh nusantara.

avatar

Abu Farhan itu ngaji nya pada lapik kitab , bukan isi kitab.

Makanya sesat, mebyesatkan Umat.

avatar

Mengatasnamakan agama untuk kepentingan politik ,
Jangan harap bisa menang ,karna allah tidak akan pernah meridoi orang seperti itu untuk menjadi pemimpin.

avatar

Yg kemaren pidato panjang lebar pas reuni siapa ???
Malah peminpinnya sendiri dilarang hadir ,yg ikut reuni coba di pikir lagi ,itu reuni apa kampanye 😅

avatar

Reuni Rasulullah dengan ibnuda Halimah sa'diyyah dan kakaknys Syaima, saat mereka dipertemukan kembali pasca perang Hunain. Pertemuan yang penuh kenangan hingga beliau menggelar selendangnya agar diduduki oleh Ibundanya Halimah sambil mengenang masa Syaima menggendong beliau saat kecil

avatar

Ini ustd memang luar biasaa,,,apa saja dibilang bid'ah ,,wahabi menyesatkan ummat kau farhan

avatar

lah kok disamakan dengan perang,, emangx Aksi 212 it perang apa... aksi 212 it ajang silaturahmi ,,antara sesama saudara muslim. low anda tdk setuju yaah diam aja ndk perlu komentar ini itu.. masing2 punya pendapat alangkah baiknya low tdk usah berkomentar sperti itu.

avatar

Ustadz belum tamat pesantrennya ya, ayo belajar lagi, ditunggu pak kyai tuh.

avatar

Yee... apa elu lebih tinggi keilmuan nya sama Ulama-ulama yang hadir?? apa lu lebih paham?. Kalo ngga hadir kalem aja.

avatar

��hati2 fitnah akhir zaman.

يأتي في آخر الزمان قوم حدثاء الاسنان سفهاء الاحلام يقولون من خير قول البرية يمرقون من الاسلام كما يمرق السهم من الرمية لا يجاوز ايمانهم حناجرهم فأينما لقيتموهم فاقتلوهم فان قتلهم أجر لمن قتلهم يوم القيامة (رواه البخاري ومسلم واحمد وغيرهم)

“Akan datang di Akhir zaman suatu kaum yang muda usianya, bodoh cara berfikirnya dan berbicara dengan sabda Rasulullah SAW. mereka keluar dari Islam seperti anak panah tembus keluar dari badan binatang buruannya. Iman mereka tidak sampai melewati tenggorokannya. Maka apabila kamu bertemu dengan mereka bunuhlah, karena membunuh mereka mendapat pahala di sisi Allah pada hari kiamat.”(HR. Bukhari, Muslim, Ahmad dan lainnya).

عن عبد الله بن عمر رضي الله عنهما قال سمعت رسول الله (ص) يقول وهو على المنبر ألا ان الفتنة ها هنا يشير الى المشرق من حيث يطلع قرن الشيطان. (رواه البخاري ومسلم ومالك واحمد والطبراني وابن حبان وغيرهم)

Dari Abdullah ibnu Umar r.a. yang berkata : Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda diatas mimbar, “Ketahuilah, sesungguhnya fitnah itu disana-sambil menunjuk ke timur Madinah-dari sana muncul tanduk setan.” (HR. Bukhari, Muslim, Malik, Ahmad, dan Imam yang lain).

قال رسول الله (ص): اللهم بارك لنا في شأمنا، اللهم بارك لنا في يمننا، قالوا يا رسول الله وفي نجدنا قال اللهم بارك لنا في شأمنا، اللهم بارك لنا في يمننا، قالوا يا رسول الله وفي نجدنا، فأظنه قال في الثالثة هناك الزلازل والفتنة وبها يطلع قرن الشيطان. (رواه البخاري الترمذي واحمد والطبراني وغيرهم)

Rasulullah SAW. bersabda ,”Ya Allah berikanlah kami keberkahan kepada negeri Syam kami. Ya Allah berikanlah kami keberkahan kepada negeri Syam kami.” Orang-orang (dari Najd) meminta, “Juga kepada negeri Najd kami, Ya Rasulullah SAW.?” Rasulullah SAW. menjawab, “Ya Allah berikanlah kami keberkahan kepada negeri Syam kami. Ya Allah berikanlah kami keberkahan kepada negeri Yaman kami.” Orang-orang (dari Najd) kembali meminta, “Juga kepada negeri Najd kami, Ya Rasulullah SAW.? Rasulullah SAW. bersabda untuk ketiga kalinya, “ Dari Najd timbul berbagai goncangan, fitnah-fitnah, dan dari sana muncul tanduk setan.” (HR. Bukhari, At-Tirmidzi, Ahmad, Thabarani, dan lainnya).

Silahkan Anda baca hadis ini di dalam:
1. Shahih Bukhari, bab Ma Qila fi al-Zalazil wa al-Ayat 4/147 no: 979, bab Qaul na-Nabi al-Fitnah min Qibal al-Masyriq 21/491 no: 6565.
2. Sunan At-Tirmidzi, bab Fi Fadhli asy-Syam wa al-Yaman 12/468 no: 3888.
3. Musnad Ahmad, bab Musnad Abdullah ibnu Umar 11/421 no: 5384.
4. Ath-Thabrani, bab 3, 11/195 no: 329.
5. Shahih Ibnu Hibban, bab Dzikr Dua Al-Mushthafa 30/133 no: 7425.

avatar

Ini orang makin lama makin mual juga kita tengok

avatar

Ustad aneh,, lou ngomong pakek mokrofon zaman NABI mana ada mikrofon,,, contoh kecil biar luas wawasannya

avatar

Ustad aneh,, lou ngomong pakek mokrofon zaman NABI mana ada mikrofon,,, contoh kecil biar luas wawasannya

avatar

Manusia paling bodoh dan menyesatkan akhir zaman.....
Ustad farhan.....?
Tidak lebih cocoknya si farhan yg cari sensasi

avatar

Inilah salah satunya saudara Benyamin Netanyahu yang tinggal di aceh

avatar

bilng bego atau goblok ah takut dilaporin pasal penghinaan

avatar

Rosulullah naik motor apa nggak?.. rosulullah pakai mic apa nggak?.. Rosulullah naikt pesawat atau mobil nggak..? ..

Jadi, bukan berarti yang tak dilakukan oleh Nabi pada zamannya otomatis terlarang..

Hei... Kammu, bikin saya emosi aja.. please deh, maksimalkan retorika-mu dengan afalaa ta'qiluun, afalaa tatafakkarunn, afalaa tatadabbarunn..

avatar

Terlalu bodoh tat

avatar

Bukan ustadz ini sih, cuma lagi cari sensasi aja biar terkenal, gak penting !

avatar

Ustadz ini dungu punya ilmu tapi akal sehat gak dipake

avatar

Yg ingin kita dapat kan dr reuni 212 adalah semangat keislaman dan persatuan ummat yg selama ini telah dipecah belah oleh kaum Sekuler. Berbicara maulid, tanpa maulid nabi maka anak2 kita dimasa depan akan kehilangan jejak2 rasul disebabkan pengaburan Agama. Banyak ulama yg meninggal. Maulid adalah salah satu cara kita mengingat Rasulullah terutama utk generasi milenial.
Per banyak istighfar ya Ustadz

avatar

Ada kah kopiahmu meniru kopiah nabi. Mikir

avatar

Hanya orang yang tidak baik yang tidak suka melihat orang lain berbuat baik.

avatar

Kurang akal ini ustadz


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search