Inilah Surat Alquran yang Dibaca Tiga Kali oleh Najwa Shihab Sebelum Bawakan Acara

- Oktober 09, 2018
Demam panggung bisa dialami oleh siapa saja. Baik pembawa acara pendatang baru maupun pembawa acara kawakan. Pembawa acara Mata Najwa, Najwa Shihab, misalnya, memiliki ritual khusus agar tidak mengalami demam panggung dan lancar membawakan acara.

Dalam sebuah program acara yang dibawakan oleh Alvin Adam, Najwa Shibab mengaku bahwa dirinya membaca sebuah surah Alquran yang dibacanya sebanyak tiga kali.

"Alam Nasyrah tiga kali. Dari dulu, pesan dari mama. Untuk menenangkan dan itu mejik sih," kata dia pada Senin (8/10/2018).

Surat Alam Nasyrah yang dimaksud Nana, demikian Najwa disapa, adalah surat Al Insyirah. Surat tersebut terdiri atas 8 ayat dan termasuk dalam surat Makiyyah (diturunkan kepada Rasulullah SAW semasa beliau masih berdakwah di Mekkah). Surat ini turun setelah surat Ad-Dhuha.

Berikut adalah arti surat dari ayat 1 sampai 8,

1. Bukankah Kami telah melapangkan bagimu; dadamu?
2. Dan Kami telah menghilangkan daripadamu; bebanmu,
3. Yang memberatkan punggungmu
4. Dan Kami telah tinggikan bagimu sebutan (nama)mu ,
5. Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan
6. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan
7. Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain,
8. Dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap

Kebiasaan tersebut diajarkan oleh mamanya sejak kecil. "Mungkin karena sejak kecil diajarkan untuk menenangkan. Jadi banyak baca sholawat terus 'alam nasyrah' tiga kali. Buat dedek-dedek yang mau ujian juga resepnya baca 'alam nasyrah', dan langsung semua dipasrahkan kepadaNya. Kuncinya itu," kata putri Quraish Shihab itu.




Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search