Inilah Hoaks yang Disebarkan Kiai Ma'ruf Soal Habib Rizieq

- November 09, 2018
liputan6
Pasangan Jokowi, Kiai Ma’ruf Amin memberikan tanggapan soal kasus Habib Rizieq Shihab. Ia mengaku mengapresiasi langkah cepat Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) yang langsung bergerak setelah menerima kabar Habib Rizieq ditahan Kepolisian Arab Saudi.
https://youtu.be/uGJh9CKy2NY
“Ya bagus, dia bebas karena dijamin oleh Konsulat Jenderal (Konjen) kita di sana,” kata kata Ma’ruf di kawasan Ancol, Jakarta, Kamis 8 November 2018.

Faktanya, Kementerian Luar Negeri membantah laporan yang menyatakan bahwa Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Arab Saudi telah memberikan jaminan untuk membebaskan Habib Rizieq Shihab dari pemeriksaan pihak berwenang Arab Saudi.

Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Lalu Muhammad Iqbal memaparkan bahwa pembebasan WNI yang terkena kasus hukum bukanlah bagian dari tugas perwakilan RI di luar negeri.

”Setiap orang harus bertanggungjawab sendiri atas tindakannya. Tugas Perwakilan adalah memberikan pendampingan kekonsuleran, untuk memastikan hak-hak hukumnya terpenuhi. Itulah yang dilakukan oleh KJRI Jeddah dalam kasus ini,” kata Iqbal di Jakarta, Kamis (8/11/2018).
 
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search