4 Fakta Sebenarnya di Balik Nisan Salib yang Digergaji

- Desember 19, 2018
Di Purbayan, Kotagede, Yogyakarta pada 17 Desember 2018 ada warga beragama Katholik yang meninggal dunia. Saat hendak dimakamkan, ada sekelompok orang datang dan melarang memasang salib di makam tersebut. Dan akhirnya salib pun digergaji.

Tak sedikit yang menilai hal itu praktik intoleransi. Benarkah demikian? Dionysius, warga Yogyakarta menyampaikan fakta berikut:

1. Makam merupakan TPU tetapi memang identik dgn pemakaman muslim. Ahli waris menghendaki almarhum dimakamkan di pemakaman tsb meskipun jarang non muslim dimakamkan di situ, jadi memang harus sedikit menyesuaikan

2. Di pemakaman tdk boleh memakai nisan berbentuk salib (tetapi warga sebetulnya tidak memaksa untuk memotong salib & keluarga tidak keberatan)

3. Pernyataan bermaterai dari keluarga bukan paksaan tetapi saran dari warga karena banyak media berdatangan. Juga warga muslim sekitar membantu proses pemakaman. Jelas tidak ada masalah antara keluarga & warga sekitar

4. Kec. Kotagede dulunya merupakan pusat Kerajaan Mataram Islam jadi memang kental budaya Islam di wilayah Kotagede. Dan keluarga BERTERIMAKASIH karena Almarhum bisa dimakamkan di pemakaman tsb.
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search